“Selling Survival” – a great sound :)

Memiliki gen petualang memang langsung ‘ngeh’ dengan judul postingan ini. Meskipun gen saya tinggal sedikit, alias tradisi nenek moyang yang suka berpetualang tidak saya teruskan semuanya. Berpetualang tidak hanya masalah pindah tempat, jalan-jalan atau menjelajah, tapi disitu ada seambrek ilmu dan skill yang harus dimiliki sebelum berpetualang (bc: berpetualang tempat yang jauh, dan yang tidak comfortable). Dari para leluhur yang jalan kaki muter-muter pulau jawa, atau hanya sekedar sillaturahim ke tetangga sebelah (iya sih… sebelah, tapi sebelah gunung sono), sampai halang rintang yang ditemui di perjalanan.

Yupp… saya temukan di National Geographic pada channel Selling Survival. Sangat tertarik isi acaranya, berbagai trik, ilmu, skill, sampai teknologi yang dipamerkan dalam event ini. Amerika tetap amerika, mereka (bisa dibilang) tidak punya nenekmoyang/bangsa/suku/karakter khas. Lah.. secara dilihat sejarah, mereka bangsa pendatang, dominan dari Eropa, tapi gak sedikit dari Asia. Bangsa pribuminyapun hampir punah. Tapi satu hal yang bagus adalah kultur pembelajar. Ya… mereka belajar dari berbagai negara, suku, bangsa dan apapun mereka pelajari. Termasuk bagaimana tuk survival.

Meskipun kultur di Indonesia masyarakatnya jarang yang berpetualang terutama ke alam bebas, tapi alam Indonesia memaksa rakyatnya harus belajar survival. Gak lain karena Indonesia adalah gudang bencana alam. Sekali saja terjadi bencana, berarti setiap orang harus bisa survive. Alias semua harus prepare dengan hal yang tidak comfortable.

Have you any survival skill? Yess, only bakar telo and nggodog mie … (akhir bulan kehabisan bekal)😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s