Jangan Menyerah!

Sungguh indah jika kuliah diniatkan ibadah, meskipun susah untuk istiqomah. Karena asa harus dipelihara, karena setiap usaha akan ditanya, untuk apa? untuk siapa? bagaimana?🙂

Padepokan Budi Rahardjo

Baru-baru ini ada mahasiswa yang datang ke saya. Mau konsultasi tentang masalah thesisnya. Saya persilahkan datang. Maka datanglah sang mahasiswa. Singkat katanya sang mahasiswa mengalami banyak permasalahan dengan thesisnya, teknis dan non-teknis. Waktu sudah banyak terbuang dan dia mau menyerah. Bahkan punya ide untuk pindah thesis ke saya, yang mana bagi saya ini malah jadi masalah baru karena ini akan memulai yang baru. Bakalan lama lagi.

Saran saya kepada yang bersangkutan adalah untuk tetap melanjutkan thesisnya saja. Tetap maju. Kalau kata orang Barat, “bit the bullet and keep on walking”. Tinggal sedikit lagi saja. Kalau perlu harus menggelandang di kampus, menggelandanglah. Begitu. Dan sang mahasiswa menurut. Singkat ceritanya, yang bersangkutan lulus.

Ada cerita yang mirip juga, tetapi waktu itu mahasiswanya merasa tidak ada value untuk meneruskan kuliahnya. Saya bujuk untuk tetap meneruskanlah. Tinggal 6  bulan lagi. Tetapi yang bersangkutan memilih untuk men-dropout-kan dirinya. Sayang sekali, meskipun mungkin ini sudah menjadi…

View original post 82 more words

One thought on “Jangan Menyerah!

Leave a Reply

