Berani untuk menjadi murid

Sekali murid tetaplah murid

Sekali guru tetaplah guru

Tidak ada istilah mantan guru atau mantan murid

Meskipun sudah mendapat gelar professor pun, dia tetaplah seorang murid SD

Sungguh tak bijak ketika mendapat ilmu yang lebih banyak, lantas merendahkan guru yang lalu

Semakin berilmu, berarti semakin bisa menghormati guru

Beberapa prinsip yang diajarkan pesantren dan harus saya genggam kuat sampai kuliah, mungkin sampai akhir hayat adalah

“Di sekolah apa yang kau cari?”

“Harus ikhlas dididik”

Memang sulit menjawab apa yang dicari

Memang bukan perkara mudah memegang prinsip, harus jatuh bangun agar tetap ikhlas

Toh ijazah bukanlah lembaran kertas, tapi keridloan guru

Ikhlas bukan berarti taqlid

Ikhlas bukan berarti tidak ada diskusi dan debat

Saya akui, mungkin saya bukan murid teladan. Nakal dan sulit diatur menghiasi tingkah laku. Bosan dan gak fokus jadi penghambat mencari ilmu. Ya itulah saya, yang masih punya setitik niat untuk mencari ridlo Allah SWT.

*Semoga Allah SWT memberikan hal-hal terbaik untuk para guru, ustadz, dosen, tentor atau siapapun yang menjadi wasilah ilmu kepada saya*

Leave a Reply

