Etika Antri

Ini masalah adab aja sih. Jadi, tiap negara, tiap tempat, tiap komunitas mungkin berbeda. Ada juga etika tak tertulis yang bisa diterima di setiap negera. Contoh yang berbeda adalah, antrian wanita dan laki-laki umumnya dipisah di negara-negara yang memegang syariah Islam.  Antrian berkebutuhan khusus, lansia, bumil dibedakan dengan masyarakat umum di negara-negara maju. Dan lain sebagainya.

Nah, aku sendiri agak sebel dengan etika antrian di Indonesia. Sebel dengan cara pandang keamanan dan teknologi.

Pertama, meskipun antrian makan tapi kadang ada yang ‘ndesel’ (mendesak) dari belakang. Hal ini otomatis memunculkan kekhawatiran, jangan-jangan copet. Atau paling tidak, senggolan kecil dari belakang memberikan kesan terburu-buru dan dikejar-kejar.

Kedua, antrian atm yang pengguna dibelakannya dengan mudah mengintip aktifitas di dalam ATM. Gak nyaman juga PIN kita ketahuan orang lain, atau uang yang kita ambil terlihat orang lain. Meskipun cuma 50.000 heheheh…

Ketiga, antrian di super/mini market terkesan mendesel eh.. mendesak. Kita butuh privasi ketika transaksi di kasir. Gak nyaman lagi ketika sejumlah uang, kartu ATM, SIM, KTP, plus surat tagihan utang di dompet terlihat orang lain. Apalagi ketika kartu kredit bocor terlihat konsumen lain di kasir. Dan dengan cukup ketahuan nama pengguna kartu aja, sudah bisa menjadi modal awal para hacker iseng.

Memang ideal dan simpelnya, adalah antrian seperti transaksi di bank yang di beri jarak antara nasabah transaksi dan nasabah antri. Seperti halnya di imigrasi bandara (eh… tapi gak semua bandara ding).

Allahu A’lam.

 

One thought on “Etika Antri

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s