Pakai jilbab tapi …

Adzan dzuhur dah selesai berkumandang, tapi aku masih di jalan menuju masjid. Seperti biasa, aku telat. Imam menyelesaikan rakaat pertama, barulah aku masuk masjid. heheheh…

Masih terngiang-ngiang apa yang aku lihat tadi. Sekelompok perempuan duduk-duduk nyantai dipinggir lapangan. Teduh karena rindang, dan memang lagi mendung. Dari kejauhan terlihat kepulan asap muncul dari tengah mereka.

“Wah.. kayaknya lagi mengadakan percobaan nih. Penampilannya seperti mahasiwa. Diantara mereka ada yang pakai jilbab. Lumayan besar untuk menutupi badannya.” batinku. Setelah mendekati kerumunan, karena itu salah satu jalan menuju masjid. “Koq asapnya bukan seperti percobaan-percobaan di laboratorium gitu?! Jangan-jangan perempuan yang pakai jilba itu… ?!” perasaanku keherananan.

Seiring detup jantung meningkat, aku semakin mendekat. “Elah… dalah… mbak yang yang pakai jilbab koq merokok. Haaaaaaaaaaaaaaaaaa…. ” gerutu lagi dibatin, sambil teriak-teriak tak bersuara.

“Be wise, be wise, be wise” menenangkan diri. Jangan sampai memandang rendah orang yang merokok. Bagiku rokok itu haram (statemen saya yang lagi tobat, gak tau kalau lagi ‘kumat’. Meskipun seumur hidup belum pernah merokok). Tapi bukan berarti kita boleh memandang rendah orang yang merokok. Iya… perbuatan merokok itu mendzolimi diri sendiri dan orang lain. Tapi bisa jadi dia nanti bertaubat, dan mungkin kualitas imannya lebih tinggi dari aku.

Muter otak, jangan-jangan aku juga seperti itu. Disisi lain terlihat ‘alim’, tapi tetap melalukan kedzaliman. Na’udzu billah. Muter otak lagi, langsung berdoa “Robbanaa hablanaa min azwajinaa wa dzurriyyatina qurrota a’yun waj’alna lil muttaqiina imaama“.

Allahu a’lam

2 thoughts on “Pakai jilbab tapi …

  1. “Tapi bukan berarti kita boleh memandang rendah orang yang merokok. Iya… perbuatan merokok itu mendzolimi diri sendiri dan orang lain. Tapi bisa jadi dia nanti bertaubat, dan mungkin kualitas imannya lebih tinggi dari aku.”

    bisa jadi

Leave a Reply

