Periksa mata di RS Cicendo

Setelah sepagian muter-muter, ditusuk-tusuk di RS Hasan Sadikin Bandung untuk tes alergi pada kulit, akhrinya sebelum dzuhur sudah sampai di RS mata Cicendo. Melakukan pendaftaran rawat jalan cukup membayar 25 ribu, meskipun nunggu agak lama juga karena antrian pasien yang banyak. Ketika sudah terdaftar saya diarahkan ke lantai tiga bagian periksa mata biasa.

Sampai lantai tiga, walah… banyak banget yang antri. Semenit-duamenit-15 menit – sampe satu jam belum dipanggil. Pasien sudah banyak yang pulang dan banyak yang baru datang. Yawdah, tinggal sholat dulu aja. Sekitar 30 menit setelah sholat, akhirnya dipanggil juga keruang periksa.

Tahap pertama adalah test mata menggunakan komputer, kemudian antri lagi tes mata visual. Disuruh membaca huruf dari jarak jauh. Setelah itu antri lagi di ruang periksa dokter. Dari awal pendaftaran sampai selesai, layanannya sangat memuaskan. Ruangannya nyaman sekali, mungkin baru direnovasi. Cuma kita harus maklum, melihat pasien yang sebanyak gitu. Dari masuk sampai keluar ruang periksa, membutuhkan waktu sekitar 1 jam.

Untuk bagian dokter yang memeriksa adalah dokter mahasiswa, alias masih dalam masa pendidikan. Tapi disitu ada yang mengawasi, yaitu dokter senior. Saya diperiksa oleh dua dokter. Hehehe… biar lebih yakin. Setiap pertanyaan selalu dijawab dengan jelas. Keluar dari ruang periksa membawa resep obat tetes dan resep kacamata. Untuk kacamata meningkat 0.5.

Setelah ambil obat tetes yang gunanya untuk menambah cairan mata, saya turun kebawah nyari bagian optik. Tanya-tanya kisaran harga kaca mata. Ternyata lumayan murah. Dari sekitar 100an ribu sampai 4 jutaan (hah… ada juga yang segitu). Saya putuskan besok pagi aja, karena sore itu masih ramai pasien.

Keesokannya, datang pagi hari ke bagian optik dan masih sepi. Pilih frame yang cocok dan kemudian dibuatkan lensanya. Untuk kacamata saya pilih yang harganya dibawah 500 ribu, yang penting kuat. Nunggu pembuatan kacamatanya sekitar 60 menit. Bisa dipake jalan-jalan melihat museum alat-alat medis mata dari masa kemasa. Kesannya adalah HORORRRR. Mata dibedah, ditusuk hiiiiiiiiiii… akhirnya membawa hikmah, pengihatan adalah salah satu rizki terbesar dari Allah ‘azza wa jalla. Sebanyak apapun amal manusia, belum bisa menandingi besarnya anugerah mata.

Alhamdulillah…

tes mata secara visual di RS mata Cicendo

tes mata secara visual di RS mata Cicendo

5 thoughts on “Periksa mata di RS Cicendo

  1. Pingback: Alergi Skin Test | beruangbuku

  2. boleh tau biayanya berapa ya sekarang untuk periksa mata ? terus itu periksanya hari sabtu/minggu/weekday? terima kasih🙂

    • saya periska sekitar empat bulan yang lalu, itu harganya 25.000 untuk periksa aja tanpa obat. Dan harga segitu untuk pasien umum, ada juga layanan yang lebih mahal, 125.000.

      Saya lupa jadwal bukanya, karena waktu tidak pas weekend.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s