Informatika Syariah??!!

Maaf judulnya agak imajinatif dan terkesan dipaksain. Tapi tema ini muncul karena memang saya kuliah di Informatika. Dan singkat cerita, sedang menyelesaikan tugas akhir agar bisa lulus (dengan segera :D). Meneruskan topik s1, tentang perangkat lunak di BMT yang ‘memaksa’ saya untuk faham perbankan syariah.

Nah, ada istilah ekonomi dan ekonomi syariah, perbankan dan perbankan syariah, hukum dan hukum syariah, pegadaian dan pegadaian syariah, asuransi dan asuransi syariah, pasar modal dan pasar modal syariah, sampe pernah mendengar warung dan salon mobil syariah. Hehehehe…. banyak hal yang ditambahi label syariah padahal kenyataannya belum tentu syar’i. Yang lebih penting adalah sebagai muslim harus hidup sesuai dengan syariah Islam, ada atau tidak adanya label syariah.

Jika dalam dunia akuntansi, istilah akuntansi syariah adalah proses akuntansi yang menjadikan berbagai stakeholder bisa memastikan bahwa perusahaan tersebut berjalan sesuai dengan syariat Islam. Bisa dilihat di tataran operasional, bahwa standard akuntasi syariah tidak menyediakan prosedur bunga (riba), adanya akun Dana Pihak Ketiga sebagai wujud investasi. Tapi sepengetahuan saya, akuntansi belum bisa mendeteksi apakah uang yang mengalir di sebuah perusahaan terbebas unsur gharar, tadlis, monopoli dan lain sebagainya. Hal tersebut hanya bisa dilihat secara manajerial, bukan ditataran teknis.

Nah…. adapun informatika syariah yang saya maksud adalah perangkat lunak yang bisa memastikan bahwa sebuah perusahaan atau transaksi berjalan sesuai syariat Islam. Saya kira belum ada perangkat lunak yang bisa mendeteksi bahwa transaksi yang berjalan terbebas dari unsur judi misalnya. Atau transaksi yang mengandung riba (riba tidak hanya terjadi pada transaksi perbankan).

Tugas akhir yang sedang saya jalani, (jika memungkinkan) bisa membuat rule bisnis proses yang syar’i. Rule tadi merupakan bagian terpisah dari perangkat lunak, sehingga jika ada pengembangan tipe transaksi syariah, tinggal menambahkan rule saja. Jika tidak memungkinkan, berarti harus memodifikasi topiknya.🙂

Allahu A’lam bagaimana nasib tugas akhir nantinya. Dengan segala kekurangan ilmu dan skill, saya mencoba menghadirkan yang bermanfaat yang sedikit banyak langsung terkait dengan masalah akhirat.

اللهم سهل أمـــورنا

 

2 thoughts on “Informatika Syariah??!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s