Pelajaran Alat Reproduksi Manusia untuk SMP

Alat reproduksi manusia? pasti sebagian dari kita sudah mendapatkan pengetahuan ini sejak smp, yaa.. mungkin sekitar kelas dua. Pas banget dengan kondisi para siswa, yaitu masa-masa puber. Saya sendiri mengalami zaman SMP, temen-temen pada waktu itu tidak serius ingin mendapatkan ilmunya. Hanya ketawa ketiwi, teriak-teriak ketika guru menyampaikan materi. Karena materi yang mereka ‘sukai’ dibahas terang-terangan di sini. Apalagi satu kelas berisi siswa dan siswi.

Nah… tiga tahun terakhir saya mendapat amanah mengajar ipa untuk level SMP. Ketika masuk materi ini, saya jadi kebingungan bagaimana agar materi ini bisa dicerna oleh siswa dengan serius. Materi yang sensitif. Ketika salah faham, maka itu hanya berakhir sebuah bahan tertawaan. Ketika tidak faham, mereka akan tidak hati-hati pada masa puber.

Akhirnya, pada awal pelajaran, saya tekankan pada siswa bahwa materi ini adalah serius dan bukan candaan. Siswa harus tahu, karena menyangkut diri mereka. Beberapa fase proses biologis, saya kaitkan dengan aya Al-Qur`an salah satunya Al-Hajj 5. Mereka menjadi lebih serius untuk memahami.

Alhamduliilah, tadi malam dalam obrolang ringan dengan seorang guru ipa (dari sekolah lain), seorang dokter dan seorang farmasis, salah satu poin penting dalam pelajaran reporduksi atau biologi secara umum adalah mengambil hikmah atau mengaitkan dengan Al-Qur`an. Begitu lemahnya manusia yang tercipta dari setetes air hina. Perjalanan ovum dan sperma yang tak punya mata tak punya otak, tapi bisa bertemu. Ovarium dan Tuba Falopi terpisah, tetapi kenapa ovum bisa selalu berjalan melewati jalurnya. Allah SWT memang Maha Berkehendak.

Selama ini saya kurang sepakat dengan materi ini untuk level SMP. Bukan alat reproduksinya, tetapi kenapa siswa laki-laki dipaksa menerima materi kewanitaan, atau sebaliknya. Akhirnya yang ada lebih condong pada ‘penasaran’. Siswa laki-laki sebaiknya membahas alat reproduksi atau perkembangan laki-laki, dan perempuan membahas tentang kewanitaan.

Allahu A’lam.

2 thoughts on “Pelajaran Alat Reproduksi Manusia untuk SMP

  1. kenapa sy baru baca ini, sempet kebingungan juga kemarin,mau mulai gimana menjelaskannya (kelas 3 SMP lagi bahas biologi ..slh satunya ttg reproduksi it)
    *jadigurucerdas

  2. saya juga agak telat, baru diskusi kemaren malam. Jauh yang lebih penting, bgaimana kita bisa menggalli hikmah dalam setiap kejadian alam sekitar dan menyampaikan kepada siswa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s