Surat Terbuka Untuk Seluruh Relawan Bencana “Siaga Satu”

Bismillah
Hasbunallah wa ni’ma-l-wakiil

Kepada Seluruh Relawan Bencana
(Baznas, DPU DT, Dompet Dhuafa, ACT, Rumah Zakat, PKPU, BSMI, dan berbagai lembaga lain yang tidak bisa disebutkan satu persatu)

Melihat kondisi masyarakat Indonesia beberapa bulan terakhir dan melihat berbagai kebijakan pemerintah Indonesia, maka kondisi tersebut bisa dijadikan dasar kebijakan operasional relawan kedepannya. Berbagai hal preventif dan optimalisasi fase mitigasi bencana harus dilakukan secara maksimal. Berbagai kondisi terburuk harus dipersiapkan. -Bi idznillah-

Berbagai keilmuan modern telah digunakan umat manusia untuk memperkirakan terjadinya bencana. Tentunya kita juga harus menggali terus keilmuan tersebut. Disamping itu, kita sebagai relawan bervisi akhirat, tentunya mengasah ‘komputasi’ perkiraan bencana (bc: adzab). Sebuah ‘komputasi’ yang tidak dipakai oleh ilmu modern.

Definisi bencana yang sering diartikan adalah bencana alam, maka kita harus lebih berhati-hati akan adanya bencana dengan ‘wajah’ lain. Tidak lagi bencana tanah longsor, banjir ataupun gempa. Perlu kajian lebih mendalam ‘wajah’ lain bencana ini. Berbagai kehati-hatian dan jernihnya hati bisa menjadi kunci dalam penanggulangannya.

Semoga para relawan bencana diberi ketabahan dan kesabaran. Buah dari niat yang ikhlas -mardlotillah-.

Beruang Buku

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s