Reduksi bahkan Negasi sebuah Nilai

Apa reaksimu ketika seorang koruptor ngomong masalah kejujuran? dan omongan itu ditelan oleh saudara, keluarga, teman dan anak keturunanmu?. Pasti sedih kan??!! (kecuali kalo kamu yang jadi koruptor itu)๐Ÿ˜

Dan apa reaksimu ketika sebuah Nilai-nilai agama dijelaskan orang yang gak tau agama?. GRRRRRRRRRGGGGGGGGGGGGHHHHHHHHHHHHH…. saya jadi kebawa emosi terus. Kalo agamaku dihina itu masih bisa meredam hati “ูˆูŽุฅูุฐูŽุง ุฎูŽุงุทูŽุจูŽู‡ูู…ู ุงู„ู’ุฌูŽุงู‡ูู„ููˆู†ูŽ ู‚ูŽุงู„ููˆุง ุณูŽู„ุงู…ุงู‹” Al-Furqon 63.

Ketika nilai-nilai agama dijelaskan oleh orang yang gak tau agama, nilainya akan berkurang -tereduksi- bahkan yang muncul bisa berkebalikan dengan yang asli -negasi-.

Emosi ini bukan tanpa sebab, gara-gara nonton filem yang dibuat berdasarkan novel religi. Novelnya sih bagus, tapi yang membuat filem gak tau agama, akhirnya nilai-nilai agama yang disampaikan jadi berkurang. Bahkan parahnya, kesan yang muncul adalah Islam adalah “itu yang negatif”.

Ada hal sepele tapi efeknya besar pagi penonton. Dalam film itu salah satu pemeran perempuan sering mengucapkan InsyaAllah, Alhamdulillah, Abi, Ummi dan bla-bla-bla. Tapi sayang, dia pake “U can See”. Salah satu kesan yang muncul adalah, muslimah BOLEH dan HALAL dan MASIH SYAR’I untuk pake pakaian “U can See” di depan umum.

Contoh lain, pemeran laki-laki berjenggot tak berkumis, pake surban, jubah putih (pokoknya berperan sebagai Kyai dengan keislaman tingkat tinggi). Tapi perannya adalah berkelahi melawan siluman menggunakan surban sebagai senjata, tasbih sebagi pelindung, tenaga dalam sebagai kekuatannya. Hmm…. tontonan yang termasuk fitnah, menjauhkan ummat muslim dari ajaran haq, menyeret kembali ke jaman jahiliyah. Wajar aja kalo orang non muslim menganggap ‘ajaran muslim’ adalah ajaran primitif.

Semoga kita ditunjukkan bahwa yang benar, itu benar dan diberi kekuatan untuk mengikutinya. Ditunjukkan bahwa yang salah, itu salah dan diberi kekuatan untuk menjauhinya.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s