Penyuluh Kesehatan (bajakan)

Jam 10 malam, pak dukuh baru pulang ke rumah. Kami mahasiswa KKN yang sebagian besar belum tidur, menanyakan ada informasi apa dari rapat desa kali ini. Ternyata tidak ada informasi terlalu penting. Kemudian dengan mendadak pak dukuh meminta kami untuk mengisi penyuluhan kesehatan untuk lansia besok pagi jam 9. #gludag

“Maaf pak, karena ini urusan medis, kami belum bisa membantu memberikan penyuluhan” jawabku. “Lahh… itu si Adit kan anak farmasi, bisa toh ngisi bentar?” sahut pak dukuh. “Haduh… saya gak bisa pak” jawab Adit. Pembicaraan ini terus jadi alot sekitar 1 jam. “Wis to mas, bisa koq, masyarakat pasti percaya dengan mahasiswa. Sampeyan yang jadi ketua pasti bisa” tegas pak dukuh. Wajahku cuma pahit aja, mendapat permintaan yang sebenarnya gak aku sanggupi bahkan ada resiko medis. Hedewwhh… wis lah bismillah besok pagi harus berakting layaknya petugas medis, padahal aku kuliah di informatikašŸ˜

Setelah adzan subuh, aku pinjem motor temen menuju warnet. Berburu materi kesehatan lansia. Sambil nongkrong di warnet, gak lupa aku telp beberapa kawan di kesehatan gizi UGM dan Kesehatan Masyarakat UAD. Lumayan juga banyak materi yang didapat. Meskipun masih ketar-ketir, pasti banyak pertanyaan surprise yang mungkin gak bisa ku jawab.

Sudah masuk jam 9, simbah-simbah dah duduk manis di emperan rumah pak dukuh. Bismillah… orasi (bajakan) ku pun dimulai, melayang kesana kemari gak karuan. Entah karena banyak kosakata ilmiah atau susunan informasi yang kacau. Tapi gerak-gerik percaya diri harus dimunculkan. Dengan segala upaya menghidari informasi yang menyesatkan, modal muhadloroh pun ku praktekkan. Wal hasil… simbahsimbah pada mengangguk seolah faham.

Pada sesi tanya jawab, ada simbah yang menanyakan bagaimana kalau makan daun singkong gendruwo (daun ketela tahun, batangnya besar, umbinya bahkan jadi akar kayu dan itu beracun). Haduuhhh… mateng aku, kujawab seadanya. Pas aku jawab pertanyaan itu, ternyata ada seorang ibu tanya ke teman KKN.

“Itu mahasiswa KKN mb, jurusan apa?”,
“Dia jurusan informatika bu” jawab temenku sambil nyengir.
“Hmmm… Pantessss” sahut ibu itu yang tenyata beliau ada petugas kesehatan PUSKESMAS. #WADEZIIINGGG….

memberikan penyuluhan kesehatan LANSIA. Padahal saya bukan mahasiswa medis :P

memberikan penyuluhan kesehatan LANSIA. Padahal saya bukan mahasiswa medisšŸ˜›

Leave a Reply

