Kuliah Umum Keamanan Informasi oleh ‘artis’ Korea

Kajian keamanan informasi itu selalu menarik. Dan kebetulan ada kuliah umum yang sifatnya terbuka siapa saja bisa ikut. Hmmm…. ternyata yang mengisi itu dua profesor dari Korea. Setelah melihat biodatanya ternyata ‘artis’ dalam dunia keamanan informasi. Gimana tidak jadi ‘artis’, lawong salah satu prof nya memegang 120an paten internasional.

Prof. Kim dari Korea, menjelaskan tentang keamanan informasi

Prof. Kim dari Korea, menjelaskan tentang keamanan informasi

Prof. Kim (http://caislab.kaist.ac.kr/kkj/) dan Prof. Choi, mempresentasikan tantangan keamanan informasi modern. Selama ini serangan menggunakan virus, worm atau sebangsanya dengan targetnya siapa pun. Sekarang sudah mulai berkembang serangan APT (Advanced Persistent Threat), dengan karakter mempunyai target khusus. Terkadang APT tidak menyerang langsung kepada sistem, tapi bisa bersembunyi dulu dan menyerang 2 tahun kemudian. Hal ini seperti yang terjadi di sistem komputer pembangkit listrik tenaga nuklirnya IRAN. Saya tidak tahu kerugiannya seperti apa.

Yang membuat saya terpukau, bukan canggihnya teknologi yang telah dicapai oleh Korea, tetapi semangat belajarnya yang menasional. Diceritakan juga sejarah keamanan informasi di Korea, satu point penting adalah mereka bangsa pembelajar. Kalo gak belajar, mereka gak akan maju seperti sekarang.😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s