Perbedaan Ilmu Komputer, Teknik Informatika dan Sistem Informasi

Banyak anak muda yang pengen lanjutin belajar di bangku kuliah pada bingung memilih jurusan. Seperti ini nih, apa perbedaan jurusan Ilmu Komputer, Teknik Informatika dan Sistem Informasi.

Sebenarnya kebingungan tersebut juga menjangkiti perguruan tinggi. Ketika para civitas ditanya apa perbedaan tersebut, maka jawabannya macam-macam dan mungkin saling kontradiktif. Ada pula perguruan tinggi yang membuka jurusan Teknik Informatika dan Sistem Informasi dibawah fakultas yang berbeda; Teknik dan MIPA. gak salah sih,,, lawong kebijakan kampus, sepenuhnya wewenang kampus toh.

Saya pribadi sangat tercerahkan setelah membaca Computing Curricula 2005 (silahkan cari sendiri filenya) yang nota bene terbitan berbagai komunitas atau instansi Engineering beken di dunia. Yang saya fahami secara sekilas, pembagian ranah studi dibagi 5: Computer Engineering, Computer Science, Information System, Information Technology, dan Software Engineering.

Computer Engineering: mikir bagaimana membuat komputer dan sebangsanya.
Computer Science: mikir bagaimana menemukan pengetahuan komputasi dan programming.
Information System: mikir bagaimana keilmuan perangkat lunak dan yang terkait, bisa mengelola informasi dalam organisasi tertentu.
Information Technology: ini merupakan komplemen dari Information System, dan lebih terfokus bagaimana teknologi dalam organisasi bisa berjalan secara optimal.
Software Engineering: Bagaimana membangun perangkat lunak yang berkualitas, dan ini adalah bidang yang saya pelajari.

Kalo bedanya Ilmu komputer dan teknik informatika… hhmm…. saya gak tau tuh. Tapi temen2 tau kan bedanya mahasiswa Teknik Informatika dan Farmasi??!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s