Rebutan

Dengan hidup pas-pasan, kakak beradik dari Jombang, Jawa Timur itu menghabiskan waktunya di Jakarta. Keduanya masih kuliah, dengan aktifitas tambahan mencari nafkah untuk kehidupan mereka. Pada satu hari sebelum berangkat kuliah, mereka berdua mendapati cuma makanan satu porsi, itupun sisa tadi malam. Entah siap yang duluan, tetapi mereka berdua berdebat agar saudaranya yang sarapan dengan porsi seadanya. Sang kakak ingin adiknya bisa sarapan, sedangkan adiknya ingin kakaknya yang makan. Padahal dalam benak mereka, lagi lapar yang sangat.

Memang hidup di kota besar dengan ekonomi yang pas-pasan, melatih mereka untuk tetap sabar termasuk perut yang sering protes. Dari perdebatan tadi, akhirnya tidak ada yang makan. Berangkat kuliah, dan pulang waktu menjelang malam. Mereka pun juga belum makan dari pagi. Setelah ketemu di rumah, lah…makanan tadi pagi masih utuh.

Hal ini terjadi sekitar 30 tahun yang lalu, dan sekarang sang adik diberi rizki usaha yang lancar, 9 cabang bengkel mobil di Jakarta. Dan bercita-cita mendirikan pesantren.

Di zaman ini memang banyak kisah saudara yang rebutan materi, tapi di gang-gang kecil, komplek padat penduduk, masih ada yang mendahulukan saudaranya dalam mendapat rizki.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s