Kapan Nikah??

Masalah nikah, cinta dan sebangsanya gak akan habis dibahas, dan gak akan kering jika dikomersilkan. Tulisan ini gak akan membahas masalah nikahnya, tapi membahas pertanyaan yang sering diucapkan atau sering didengar “Kapan nikah??”.

Entah itu bercanda atu serius, tapi menurut saya hati-hatilah untuk menanyakan ke seseorang dengan pertanyaan tersebut. Kenapa harus hati-hati? mungkin hal tersebut relatif sensitif di hati terutama kaum perempuan. Jika sudah berumur tapi belum menikah, ada anggapan tidak laku (Allahu a’lam). Dan bagi kaum laki-laki sebenarnya sudah pengen nikah, tapi mungkin belum mampu untuk menjemput calonnya. Menjadi beban mental tersendiri.

Kondisi tersebut masih ‘koma’, maksud saya, jika yang ditanya lagi imannya kuat, dalam hati mungkin banyak bersyukur, bersabar dan tawakkal tentunya diiringi usaha. Coba kalo yang ditanya imannya lagi lemah, bisa masuk ke kufur nikmat, tidak sabar akhirnya menyalahkan Tuhannya.

Dalam kondisi tersebut sebenarnya juga masih ‘koma’, karena ada kemungkinan mereka cepet-cepet cari jodoh, nikah… biar tidak lagi ditanya “Kapan Nikah??”. Kalo dah kayak gitu berarti motivasi nikah karena kondisi sosial, bukan karena ibadah lillahi ta’ala.

Satu pertanyaan simpel tapi bisa merubah niat ibadah seseorang. Jadi, kapan rekan-rekan pada nikah?? -_________-

4 thoughts on “Kapan Nikah??

  1. haa.. suka pak.. tulisan antum ni real beuuudh. isu menarik sepanjang peradabam umat manusia.. dan sepakat beuudh sama arhument nyan hehe.. jadi, kapan nikah? wkwkwkwk..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s