Apa itu sampah??

Berawal dari kuliah yang membahas Big Data, ternyata banyak berbagai hal yang tersimpan di internet yang sekilas bersifat ‘sampah’. Mulai dari twit atau status yang seperti “Lagi makan”, “uhh… dingin”, “woooww…” dan lain sebagainya, sampai photo yang diupload berisi pose-pose gak jelas. Hal-hal yang gak terlalu memberikan efek baik pada orang lain atau bagi dirinya. Tapi apa betul itu disebut sampah??

Menurut saya, sampah itu adalah segala sesuatu yang tidak memberikan manfaat kepada kita. Meskipun itu adalah mobil ferari, tetapi jika tidak memberikan manfaat berarti itu bisa dibilang sampah. Dan sebaliknya, kotoran kambing yang bisa menjadi pupuk tanaman padi, berarti kotoran kambing itu bukan sampah karena memberikan manfaat.

Pertanyaan selanjutnya, apakah benda itu tidak memberi manfaat atau manusianya yang tidak bisa mengambil manfaat??!!! heheheh…… sepertinya yang perlu ‘dipertanyakan’ adalah manusianya. Buktinya sebagian orang membuang benda yang bagi orang lain bisa diambil manfaatnya. Satu orang membuang plastik bungkus kopi, tapi ada orang lain mengambil bungkus kopi dijadikan taplak meja. Sow…. berarti… status atau twit bagi beberapa orang bisa dianggap sebagai sampah, tapi bagi orang lain merupakan aset berharga ya kan??!!

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s