Pond’s Garnier Vaseline Viva Loreal Olay Nivea??

Hari ini saya iseng menanyakan sesuatu ke murid-murid ketika pelajaran IPA dengan bahasan Bahan Kimia Dalam Rumah Tangga, “Siapa yang dari kalian memakai pemutih wajah??”… heladalah…koq setengah dari kelas pada angkat tangan sambil menyebutkan produk unggulan mereka, mereka kayak jualan Pond’s, Garnier, Vaseline, Viva, Loreal, Olay, Nivea dan masih banyak yang lain.

Meskipun mereka laki-laki semua, tapi konsumsi terhadap pemutih wajah ternyata termasuk tinggi. Trus ditanya tujuan pake itu semua untuk apa, mereka jawab “biar putih dan ganteng” heeheh… meskipun bukan jawaban dari hati terdalam mereka, tapi miris juga mendengar hal tersebut. Sebuah mindset yang ‘terjajah’, maksud saya terjajah karena hal itu semua (putih dan ganteng) merupakan standard yang dilahirkan dari perusahaan produsen kosmetik. Tak bisa dipungkiri juga, otak saya pribadi ‘terjajah’ juga. Harus berusaha keras mencekoki otak dengan mindset yang lebih mulia. Dan mindset mulia yang saya pilih adalah “Keindahan itu adalah indahnya ilmu dan adab” sebuah filosofi Arab.

Alhamdulillah, buku pegangan IPA juga menjelaskan sekelumit sejarah kosmetik dari jaman baheula sampe sekarang. Sejak jaman mercury (berbahaya) dipakai untuk kosmetik, sampe bedak biasa jaman sekarang. Anak-anak cukup nyambung ketika ditanya dengan standar budaya yang namanya “cantikk” versi orang Dayak, orang Padaung Thailand, dan orang China. Telinga yang menjulur panjang ke bawah, leher yang tinggi, dan kaki yang kecil. Bagi mereka hal tersebut semua aneh, dan itu merupakan bukti bahwa ganteng atau cantik tidak distandarkan dengan wajah putih. Btw… wajah saya dah cukup putih gak ya??!!!! wadeziiingggggggggg….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s