ribuan perhatian di pasar

Tentunya hampir setiap orang pernah jalan melalui pasar, sekaya apapun itu. Mungkin aja pasar saham atau pasar modalđŸ˜› . Ini karena pengalaman saya kemaren jalan-jalan ke pasar elektronik di Bandung. Di lantai bawah, bagian HP, hampir setiap penjaga selalu menawarkan “Silahkan mas, mau beli HP?” atau “Silahkan, tukar tambah”, sambil menghadapkan wajahnya ke saya. Di tempat lain, pasar buku murah, kondisinya sama, setiap penjual menawarkan “Ya.. nyari buku apa mas?”.

Sebenarnya capek juga kalo dijawab, akhirnya saya diamkan saja. Mungkin hal tersebut tidak sopan, karena tidak menjawab., la gimana lagi terlalu cape menjawab setiap pertanyaan perhatian dari para penjual.

Kondisi tersebut membuat saya pribadi selalu diawasi, diperhatikan, dilihat… gak nyaman, maklumlah karena tidak berbakat jadi artis yang suka dilihat dan diperhatikan. Tapi perasaan tidak nyaman seperti itu, mungkin berbeda setiap orangnya. Dulu pernah tanya temen yang buka stand jualan buku di pameran. Trus saya tanya, “Apa kamu harus menawarkan kepada setiap orang yang lewat?”, “Ya… penjualannya memang lebih ketimbang kita diam tidak menawarkan” jawab teman saya. Ya memang berbeda posisinya. Dirimu juga pernah mengalaminya kan???

Leave a Reply

