bertebaran di belahan dunia

Tidak ada perintah dalam Al-Qur`an yang berbunyi “Kemudian setelah sembahyang, bertebaranlah kamu di belahan Indonesia..!!”. Tapi yang ada adalah dalam Surat Al-Jumu’ah ayat 10, yang artinya:

Kemudian setelah selesai sembahyang, maka bertebaranlah kamu di muka bumi (untuk menjalankan urusan masing-masing), dan carilah apa yang kamu hajati dari limpah kurnia Allah, serta ingatlah akan Allah banyak-banyak (dalam segala keadaan), supaya kamu berjaya (di dunia dan di akhirat).

Adapun opini saya pribadi, dengan melihat kondisi Indonesia yang seperti ini dan Dunia yang seperti itu, pengen sekali kedepannya bisa tinggal di negera yang kondusif (sesuai kemampuan pribadi) untuk menjalankan peran ‘kholifah fi-l-ardl‘. Entah itu di Indonesia atau di negara lain.

Adapun tentang isu Nasionalisme, saya berpandangan “Saya diperintahkan Allah untuk menjaga negara ini, bukan karena saya lahir di Indonesia maka saya harus menjaga”. Mungkin statement tersebut serupa, tetapi niatnya beda. Menjaga negara karena Allah atau menjaga negara karena tanah kelahiran. Allahu A’lam.

Leave a Reply

