Beasiswa lintas benua

Singkat cerita, kemaren sore bertemu antara tiga manusia. Manusia lulusan Mesir, Brunei, dan New Yorkarto (Jogjaaa…..). Hampir 90% pembicaraan ngobrol tentang beasiswa. Karena yang baru datang adalah manusia Brunei Darussalam, maka penjelasan panjang tentang beasiswanya dari sana. Ternyata ada dua tipe beasiswa, pertama dari kampus dan yang kedua dari kerajaan. Berbagai persyaratan umum juga diberlakukan, seperti administrasi pendidikan sebelumnya, SKCK, dan formulir.

Yang lulusan mesir belajar Tafsir dan lulusan Brunei lulusan Syari’ah Ekonomi, sedangkan yang New Yokarto (saya) lulusan Informatika. Memang sedikit ada kesenjangan pandangan, karena beda ranah pendidikan. Saya ada keinginan menuruskan pendidikan bukan ke S3, tapi pengen kembali ke S2 untuk Perbankan Syariah padahal sekarang lagi belajar S2 Informatika. Tentunya pengen juga dapat beasiswa di laur negeri. Bukan masalah ‘gengsi’ luarnegerinya, tapi banyak sekali pengetahuan dan pengalaman luar negeri yang tidak didapat di dalam negeri.

Ada beban mental, karena keilmuan saya dibawah dari yang ‘biasa’. Harus susah payah meluruskan niat “Ke [sekolah] apa yang kau cari?”. Apalagi syarat beasiswa butuh bukti keilmuan yang lumayan tinggi. hehehehehe… muncul juga pada pembicaraan, beasiswa untuk keluarga bisa gak?!!. ini yang lebih saya harapkan, meskipun sekarang belum berkeluarga🙂
اللهم سهل أمورنـــــــــــا!

One thought on “Beasiswa lintas benua

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s