Manfaatkan Qurbanmu…!!!

Hadits “Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat” sudah populer dikalangan kita. Salah satu aplikasinya adalah bagi ummat muslim yang ingin melaksanakan ibadah qurban, tentunya ingin qurban yang paling bermanfaat bagi penerimanya. Secara teknis banyak cara berqurban, mulai dengan menyembelih hewan sendiri, menyerahkan hewan qurban ke masjid-masjid, atau menyerahkan sejumlah uang kepada ke lembaga tertentu yang mendistribusikan hewan kurban sampai ke pelosok daerah.

Tapi ada salah satu cara berkurban yang mempunyai manfaat khusus, yaitu dengan cara hewan qurban disembelih di hari idul adha dan tasyrik kemudian dikornetkan. Manfaat yang didapat dari cara ini adalah:

  • Tahan lama, kurang lebih tiga tahun.
  • Mobilisasi produk kurban bisa lebih mudah.
  • Secara cepat bisa didistribusikan di daerah bencana atau konflik.
  • Siap saji.

mungkin ada yang lain lagi??!!

adapun hal yang tidak bisa dilakukan pada sistem kornet adalah:

  • Kornet qurban tidak bisa disate…
  • Kornet qurban tidak bisa dijadikan rendang…
  •  apalagi dijadikan jus alpukat??!! (mulai ngaco)

 

Lembaga yang menyediakan layanan qurban dalam bentuk kornet adalah Rumah Zakat  dengan nama SuperQurban. Dari pengalaman pribadi ketika membantu pengungsi kawasan Merapi, memang betul-betul ikut merasakan manfaat dari kornet qurban. Ketika semua kondisi terbatas, para pengungsi bahkan relawan pun butuh nutrisi yang mencukupi. Seorang relawan dari Tim Panther yang ikut serta rombongan Kopassus untuk evakuasi terdepan mengatakan “Wah… ini sangat kita butuhkan mas, karena masakan dari qornet Rumah Zakat sudah pasti halal. Melihat beberapa kali kami keluar masuk dapur umum, yang masak bukan dari orang muslim. Untuk kehati-hatian, kami masak sendiri meskipun seadanya”.

Serah Terima simbolis Super Qurban dari Perusahaan Gas Negara, ke tim Rumah Zakat di pengungsian desa Wonokerto, kawasan 10 Km dari puncak merapi.

Gubernur DIY, Hamengkubuwono, meninjau tenda pengungsian RZ-PGN dan mengamati kornet Qurban.

 

Tim dapur umum RZ mengolah kornet menjadi gorengan untuk para pengungsi Merapi.

Lauk kornet qurban yang telah digoreng.

anak yang sering main ke tenda RZ-PGN

Hujan Debu yang dibersihkan dengan Hujan Air… Segerrr..

Tulisan ini saya share sebagi pertimbangan bagi siapa saja yang ingin berqurban, karena ada beberapa cara yang memberikan manfaat berbeda. Sebaiknya kenali dulu tipe penerimanya, baru pilih cara berqurbannya. Jika memang ada masyarakat yang membutuhkan dan sepertinya lebih bermanfaat ketika diberikan daging langsung, maka cara tersebut lebih baik diambil. Banyak juga lembaga lain yang memberikan layanan qurban lintas kota, propinsi bahkan lintas negara.

Dompet DhuafaDPU DaruttauhidPKPUACT – dan masih banyak yang lain

doakan, saya juga bisa berqurban…🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s