Fiqh Twitter vs Fiqh Facebook

Memaksakan diri datang di pameran buku 2012 IKAPI Bandung (07-10-2012), ternyata gak sia-sia. Banyak sekali inspirasi yang ditemukan selama ngabuburit di acara tersebut. Hanya membaca judul buku saja sudah banyak imajinasi bertebaran heheheh…. Meskipun acaranya IKAPI dengan konsep pameran buku umum, ternyata yang mendominasi adalah penerbit dan buku-buku Islam.

Tengok sana-sini tidak sedikit buku yang membahas masalah fiqh secara tematik, mulai dari fiqh sholat, fiqh siyasah, fiqh ibadah, fiqh munakahat, fiqh jihad sampai fiqh-fiqh yang membahas yang kontemporer seperti medis, mu’amalah kontemporer dll.

Terdetik dalam hati kayaknya belum ada fiqh yang membahas tentang mu’amalah di dunia maya. Saking banyaknya media social networking, dengan iklim, teknologi dan policy yang berbeda-beda, mengakibatkan netizen yang aktif di dalamnya harus bersosialisasi dengan bijaksana.

Social network yang lumayan tren adalah Facebook dan Twitter. Secara teknologi dan policy ada keterbatasan penyampaian pesan “Status” dan “Tweet”, FB lebih banyak kata bisa diupdate dari pada twitter yang cuma 140 karakter. Hal ini perlu diperhatikan agar informasi yang disampaikan tidak menimbulkan persepsi berbeda oleh netizen lain. Begitu pula gambar-gambar yang diupload, tentunya ‘agak berbeda’ dengan tampilan user di dunia yang sebenarnya. Kalau ketemu di dunia nyata dengan lawan jenis mungkin bisa 5 -10 menit, sedangkan di FB atau Twitter, netizen lain bisa memandangi foto selama 24jam 7hari 4minggu 12bulan (kecuali paket internetnya dah abis :P). Dengan kata lain, “ghodul bashor” di FB atau Twitter, berbeda dengan dunia nyata.

Kayaknya para ulama sudah saatnya menulis buku “Fiqh Twitter dan Fiqh Facebook”.

Allahu A’lam.🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s