Perpustakaan gratis tersebut bernama Calibre

Gratis merupakan kata yang ‘menggoda’ siapa saja, meskipun “Mobil Jenazah Gratis”. Adapun kali ini bermula dari pusingnya mengatur file referensi keilmuan berupa ebook. Kalaulah di dunia nyata, pustakawan yang standby di perpustakaan akan selalu membantu kita dalam pencarian referensi. Misalnya jika kita pengen tahu tentang “Perbankan Syariah”, pustakawan akan ‘nyrocos’ keluar semua buku-buku tentang perbankan syariah dari mulutnya. Nah… kalo kita punya ebook di lepi atau pici (PC: Personal Computer), butuh pembantu yang memberikan ebook apa saja yang berkaitan dengan tema tertentu. Dan akhirnya menemukan Calibre (http://calibre-ebook.com/), gratis pulaaa….

“Trus gue harus bilang www000www… ??!!!”

Yaa… gak harus bilang wow… tapi harus naik haji sekalian😐

Setelah ngoprek sana sini, akhirnya add ebooks sebanyak 4.5 GB ke aplikasinya. Nah sesi yang paling saya suka adalah download metadata. Ebook yang ditambahkan ke Calibre, bisa ditambahi informasi resminya dari Google, Amazoon, ISBNDB dan berbagai layanan terkait. Sehingga informasi tentang buku bisa dicari secara cepat.

Selain bisa jalan di multi platform (Linux, Windows dan Mac), sebenarnya masih banyak kelebihan lain, seperti fasilitas convert pdf ke file yang support di kindle (https://kindle.amazon.com/) AZW dan KF8. (dan saya ngarep punya gadget kindle heheeh… ).

Fyuuhh… 400an ebookk… 99,999999999 % adalah ebook bajakan😐 welcome to Indonesia wkwkwkwkwk… #devilnesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s