Galau yang diridloi

Kebingungan memang mengganggu hati, ‘galau’ kata anak muda. Tidak beda dengan seorang ibu, yang lagi kebingungan dan kemudian berdoa di masjidil haram ketika si ibu melakukan ibadah umroh. Apa pinta dia “Ya Allah, siapakah yang pantas aku biayai naik haji untuk beribadah kepadaMu?”. Tak berapa lama, muncul ‘penampakan’ didepannya (di dalam masjidil haram) ada seorang berwajah asia yang tidak asing baginya sedang mendorong gerobak bakso. Si ibu masih tidak yakin kalo orang tersebut yang layak dia biayai untuk naik haji, setiap berulang doa, berulang pula ‘penampakan’ tersebut muncul.

Singkat cerita, si ibu pulang ke Indonesia dan mencari orang tersebut. Memang tidak asing wajahnya karena orang tersebut adalah penjual bakso keliling di komplek tempat tinggal si ibu. Dipanggillah penjual bakso ketika lewat depan rumah ibu. Bla Bla Bla tanya sana sini untuk basa basi, dan ‘Mau ndak mang, ibu biayai naik haji?’ kata si Ibu. Tak ada jawaban kecuali tangisan syukur dari si penjual bakso.

Proses administrasi pendaftaran naek haji dimulai dan tak berapa lama selesai juga. Baru setelah sekian lama, si ibu belum pernah tau rumah dari penjual bakso kecuali 2 minggu sebelum keberangkatan haji. Ketika tau seperti apa rumahnya penjual bakso, si ibu pun menangis mendapati bahwa rumah tersebut tidak lebih lebar dari karpet milik anaknya. Dan biaya kehidupan keluarga tukang bakso selama ditinggal haji, ditanggung pula sama si ibu.

Si ibu tanya kepada tukang bakso, “Amalan apa yang mungkin membuat Allah ‘menampakkan’ mang dalam doa ibu?”. “Tidak ada kecuali dalam satu bulan saya sediakan 3 hari untuk dakwah” jawab tukang bakso. Jawaban inilah yang membuat si ibu lebih yakin bahwa haji adalah masalah ‘undangan’ bukan masalah uang.

Sekian, semoga bermanfaat. Allahu’alam
NB: si ibu dikaruniai rizki yang cukup untuk membeli sebuah motor sekalian dealernya juga😀, dan beliau adalah seorang muallaf.

One thought on “Galau yang diridloi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s